Data

Sentimen Analisis API menggunakan python Flask

Published at Friday, 03 February 2023

Aku baru pertama kali ini nge-hubungin teknologi AI - Machine Learning ke teknologi web dan cukup seneng ternyata bisa dan bakal bermanfaat banget nih kalo digunain ke hal yang lebih bermanfaat buat masyarakat.

Di percobaan ini aku pakai script sentimen analisis yang udah dibuat sebelumnya dan kubuat artikel nya disini. Agar sentimen analisis nya dapat digunakan oleh front-end atau teknologi web kita perlu expose scriptnya melalui API agar front-end (web) dapat berkomunikasi langsung dengan sentimen analisis nya.

Sebenernya percobaannya udah berhasil, tapi aku belum berhasil untuk deploy ke cloud hosting karena ternyata butuh resource CPU dan RAM yang cukup besar dimana artinya butuh mengeluarkan uang lebih untuk membayar cloud resource nya 😅

image

Untuk membuat API nya kita menggunakan Flask ini merupakan sebuah Web framework dari bahasa pemrograman python yang digunakan untuk membangun aplikasi web. Flask memudahkan kita untuk membuat dan menerapkan API REST dan dapat menggunakan beberapa fitur seperti routing, templating HTML, dan manajemen sesi.

Sebelum membuat API sentimen analisis dengan Flask, kita perlu membuat skrip untuk sentimen analisisnya terlebih dahulu.

Untuk membuat API sentimen analisis, kita akan membuat endpoint untuk menerima permintaan kalimat dari pengguna dan mengirimkan respons hasil sentimen analisis serta skor nya.

Endpoint yang akan dibuat akan berada pada path /sentiment yang akan menerima input berupa kalimat dan response nya berupa hasil sentimen analisis (positif, negatif, netral) beserta dengan skornya.

Ketika mendapat request dari path /sentiment, kita akan memanggil fungsi sentimenanalisis yang akan mengolah kalimat menjadi sentimen (positif, negatif, netral) dan skornya.

Kemudian, hasil dari sentimen analisis akan kita pakai untuk kirim balik ke pengguna berupa json dengan format sebagai berikut:

{ "label": "positif", "score": 0.8 }

Selesai!

Dengan membuat API sentimen analisis dengan framework server Flask kita akan dapat membuat aplikasi web yang akan memparsing input dari pengguna dan mengirim respons berupa sentimen analisis dan skornya.

Kamu bisa cek code lengkap dibawah ini untuk membuat API sentimen analisis nya

Demonstrasi Aplikasi Sentimen Analisis menggunakan API

Berikut ini adalah hasil dari aplikasi sentimen analisis yang sudah dibuat API nya.

Aplikasi Sentimen Analisis

Aplikasi ini akan menganalisis sentimen dari sebuah kalimat yang dimasukkan.

Hasil Sentimen Analisis

-- Sentimen akan muncul disini --